PELUANG USAHA - JADI AGEN TABINACO

Artis internasional menggunakan batik indonesia

INILAH DERETAN  ARTIS INTERNASIONAL PENGGUNA BATIK INDONESIA
Indonesia telah dikenal sebagai sebuah bangsa yang memiliki ragam budaya yang sangat kaya. Hal ini disebabkan oleh bangsa Indonesia ini terdiri dari banyak suku yang tersebar di ribuan pulau yang ada di negara kita ini. Salah satu kebudayaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia adalah seni batik. Melalui seni dan juga tradisi batik ini, Indonesia menjadi lebih dikenal di dunia internasional.

Batik yang merupakan kesenian asli bangsa Indonesia ini telah berhasil masuk ke dalam pasar internasional. Batik Indonesia ini menjadi terkenal karena desain dan juga motif batik nya yang unik dan berbeda dengan tekstil lainnya.

Kita sebagai bangsa Indonesia juga harus memiliki rasa bangga terhadap seni batik, dan berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat kita harus merasa bangga.


1. Batik merupakan kesenian asli Indonesia.

Busana batik saat ini telah dikenal sebagai busana khas dari bangsa Indonesia. Batik tidak hanya merupakan sebuah karya seni yang berbentuk kain tradisional namun batik Indonesia ini mengandung nilai sejarah dan juga nilai seni yang sangat tinggi.

Batik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang telah berhasil diwariskan secara turun temurun terutama dalam keluarga masyarakat Jawa. Batik yang berkembang di Indonesia ini dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu batik keraton dan juga batik pesisir. 

Batik yang berasal dari keraton pada umumnya merupakan kain batik yang memiliki pola dan motif yang mengandung makna yang khusus. Sementara motif batik yang berasal dari daerah pesisir tidak mengandung makna namun memiliki bentuk motif dan pola batik yang indah dengan berbagai warna yang cerah dan menarik.



2. Batik merupakan warisan Budaya Dunia.

UNESCO sebagai badan Persatuan Bangsa Bangsa yang mengurus Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 2 Oktober 2009 telah menobatkan batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau dalam bahasa Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi. 

Penetapan tersebut kemudian juga langsung mendapatkan tanggapan dari pemerintah Indonesia yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari batik Nasional melalui Kepres No 33 tahun 2009.


3. Membuat Indonesia Lebih Dikenal Di Dunia
Batik Tidak dapat dipungkiri lagi telah menjadi kesenian bangsa Indonesia yang juga disukai oleh para wisatawan asing. Hal ini terlihat dengan tingginya minat para wisatawan ini terhadap seni batik mulai dari membeli berbagai produk batik hingga turut serta mempelajari cara membuat batik. 

Bahkan kain dan juga baju batik ini telah menjadi buah tangan yang kerap dibawa oleh para turis ini kembali ke negara mereka.

Para artis top dunia seperti Jessica Alba, Reese Witherspoon dan juga Julia Roberts pernah terlihat memakai baju batik dalam keseharian mereka. 

Hal ini patut membuat kita semakin bangga akan batik yang telah berhasil go internasional dan dikenal di berbagai belahan dunia.



4. Batik Merupakan Karya Seni Bernilai Tinggi

Batik memiliki ragam jenis motif dan pola yang sangat banyak. Bentuk dari desain dan motif batik merupakan sebuah karya seni yang berasal dari tangan terampil para seniman batik. 

Motif yang mereka gambar banyak yang menggunakan berbagai jenis simbol dan banyak motif batik yang memiliki makna dan juga mengandung nasihat yang baik untuk kehidupan umat manusia. 

Batik yang mengandung makna dan juga filosofi pada umumnya kita jumpai pada kain batik tradisional. Salah satunya dapat kita lihat pada motif batik parang. Motif batik ini pada masa lalu merupakan salah satu jenis motif batik yang tidak boleh dipakai oleh sembarang orang dan hanya boleh dipakai oleh Raja dan keluarganya.

Motif batik parang ini merupakan sebuah motif yang mengandung makna dan nasihat untuk tidak pernah menyerah seperti ombak laut yang selalu bergerak tanpa henti. 

Batik dengan motif parang ini juga memperlihatkan bentuk jalinan yang tidak ada putusnya yang memiliki makna sebagai upaya untuk memperbaiki diri dan terus berusaha untuk memperoleh kesejahteraan.


5. Tidak kalah Dengan Pakaian Tradisional Bangsa Lain

Kain batik khas Indonesia ini telah menjadi busana yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam kesehariannya. Batik khas Indonesia ini tidak kalah dengan Kimono dari Jepang ataupun hanbok dari Korea Selatan. 

Bahkan batik memiliki kelebihan, yaitu lebih mudah dipakai dari dua jenis baju tradisional negara lain tersebut. Batik dapat kita pakai setiap hari dengan nyaman dan untuk berbagai macam kegiatan.

6. Ikut Memajukan Perekonomian Lokal
Dengan kita membeli kain batik, baik itu batik tulis , berarti kita mendukung roda perekonomian lokal dan membuat para pengusaha batik ini dapat maju dan berkembang menjadi lebih besar. 

Dengan membeli batik khas dari berbagai daerah di Indonesia, roda perekonomian akan berjalan dengan baik. 

Proses pembuatan batik yang unik ini membutuhkan dukungan dari kita bangsa Indonesia untuk terus dapat berkembang dan dapat bersaing dengan berbagai macam tekstil dan juga busana yang berasal dari berbagai negara.


7. Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

Yup benar sekali, jika bukan kita masyarakat Indonesia, yang bangga mengenakan batik maka siapa lagi? 

Sebagai bangsa Indonesia, memang sudah seharusnya kita memiliki kebanggaan yang besar akan karya seni batik yang telah menjadi warisan turun temurun dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Dengan bangga memakai batik dalam kehidupan harian, maka akan membuat batik menjadi semakin dikenal secara luas dan menjadi tuan rumah di dalam negaranya sendiri


Demikian beberapa alasan untuk kita bangga dengan seni batik khas Indonesia ini. Marilah terus melestarikan batik dengan memiliki batik dan bangga ketika memakainya.


INFORMASI:
WHATSAPP; 085745437157


Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel